google.com, pub-3826199655241695, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Sejarah Munculnya Malam Tahun Baru?

Sejarah Munculnya Malam Tahun Baru?


MALAM tanggal 31 Desember merupakan malam yang sangat dinanti oleh sebahagian Manusia yang ada di muka bumi. Hal ini disebabkan karena, pada malam tanggal tersebut, ada waktu peralihan dari tahun berdasarkan kalender Masehi.


Masehi sendiri merupakan nama lain dari Isa Al-masih dalam keyakinan umat Nasrani. Menurut catatan di Encarta Reference Library Premium 2005, orang pertama yang membuat penanggalan kalender (penanggalan matahari) adalah seorang kaisar Romawi yang terkenal bernama Gaisus Julius Caesar. Penanggalan itu dibuat pada tahun 45 SM (sebelum masehi) jika menggunakan standar tahun yang dihitung mundur dari kelahiran Yesus Kristus menurut keyakinan Umat Nasrani.

Tapi pada perkembangannya, ada pendeta nasrani yang bernama Dionisus yang kemudian memanfaatkan penemuan kalender dari Julius Caesar ini untuk diadopsi sebagai penenggalan yang didasarkan pada tahun kelahiran Yesus Kristus di beri tanda AD (bahasa latin: Anno Domini yang berarti: masehi).

Paus Gregory III kemudian memoles dengan beberapa modifikasi dan kemudian mengukuhkannya sebagai penanggalan yang harus digunakan oleh seluruh bangsa Eropa. Bahkan kini seluruh Negara di dunia dan berlaku umum bagi siapa saja.

Kalender Geogran yang kita kenal sebagai kalender masehi dibuat berdasarkan kelahiran yesus kristus dalam keyakinan orang nasrani.(**)